Kenali 5 Jenis Mie Sehat Ini!

Memang tidak bisa dipungkiri, sajian berbentuk mie atau pasta sangatlah digemari di dunia, khususnya di daerah Asia seperti Indonesia. Meskipun populer, banyak yang berpendapat bahwa sajian mie itu kurang baik untuk kesehatan. Alasannya bermacam-macam, mulai dari kandungan karbohidrat yang terlalu tinggi, bahan pengawet yang berpotensi memicu terbentuknya sel kanker, kandungan lemak yang banyak, dan lain-lain. Akan tetapi, apakah semua sajian mie itu berdampak buruk bagi kesehatan?

Berikut adalah beberapa sajian mie yang tidak hanya bisa memanjakan lidah, tapi juga memberikan nutrisi baik yang diperlukan oleh tubuh.

Mie Semolina

Mie Sehat Image Post

Mie semolina merupakan mie yang dibuat dengan menggunakan tepung gandum, jagung, atau beras. Semolina mempunyai tekstur yang lebih tebal dan kenyal dibandingkan mie olahan lain karena adonan mie-nya lebih kuat dan tidak mudah pecah saat dimasak. Selain itu, mie semolina juga mempunyai kandungan serat yang tinggi dikarenakan bahan dasar adonan mie-nya yang merupakan tepung gandum utuh.

Tetapi perlu diingat, tidak semua mie semolina terbuat dari gandum utuh, loh. Ada juga yang terbuat dari tepung jagung, dan tepung beras. Ketika membeli mie semolina di pasar atau supermarket, pastikan untuk mengecek kemasannya. Produk mie semolina yang sehat dan berserat tinggi mempunyai label whole-grain flour.

Mie Quinoa

Mie Sehat Image Post 2

Quinoa merupakan jenis gandum yang banyak di budidayakan di daerah pegunungan Andes. Biji gandum Quinoa masuk dalam jajaran  makanan paling sehat di dunia oleh whfoods.org karena terbukti mempunyai banyak sekali manfaat kesehatan seperti; bisa mengurangi resiko penyakit jantung, sumber anti-oksidan yang baik, serta kaya protein dan vitamin B. Nah, kebayangkan gimana sehatnya mengkonsumsi mie yang terbuat dari tepung gandum Quinoa ini?

Mie Telur

Mie Sehat Image Post 3

Mie jenis ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para penikmat kuliner mie. Seperti namanya, mie telur, olahan mie ini sudah pasti berbahan dasar telur. Selain kaya akan protein dan asam amino yang bisa memberikan tambahan energi bagi tubuh, mie jenis ini juga tidak membuat gula darah naik karena kandungan karbohidratnya yang tidak setinggi olahan mie berbahan tepung beras.

Mie Soba

Mie Sehat Image Post 4

Kuliner mie asli Jepang ini ternyata mempunyai manfaat yang baik bagi penderita diabetes. Mie soba terbuat dari tepung gandum hitam yang mempunyai kandungan serat dan magnesium yang tinggi yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah berlebih dan melancarkan aliran darah. Selain itu, dilansir dari care2.com, kandungan Rutin dan protein nabati dalam gandum hitam juga mampu mengobati tekanan darah tinggi dan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Mie Kelp

Mie Sehat Image Post 5

Nah, kalau kebanyakan sajian mie itu diolah dari tepung terigu, ataupun tepung gandum, mie jenis ini terbuat dari kelp. Kelp merupakan jenis rumput laut berukuran besar yang hidup di perairan laut dangkal. Jenis mie yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Jepang ini bisa menjadi pilihan makanan rendah kalori karena tidak mempunyai kandungan lemak. Selain itu, kandungan kalsium yang tinggi dalam kelp mampu menjaga kekuatan tulang dan gigi. Bagi kalian yang sedang dalam program penurunkan berat badan tapi tetap ingin mengkonsumsi sajian mie, mie kelp bisa dimasukkan dalam menu diet anda.

Walaupun kebanyakan hidangan mie tidak banyak mengandung serat dan tinggi karbohidrat serta lemak, tidaklah fair kalau semua jenis mie dianggap sebagai makanan yang tidak sehat. Ada beberapa olahan mie seperti Mie Quinoa, Semolina, Kelp, dan Soba yang ternyata bukan hanya nikmat dilidah tapi juga mempunyai khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. So, don’t be afraid of noodles because not all noodles are bad. Stay healthy, folks!

Advertisements

3 Comments

  1. Emang deh, kuliner Jepang itu nomor satu! Huehehe. Mie Pangsit juga termasuk Mie yang sehat kan? Yah, tergantung yang jualnya juga, sih. Mie Pangsit langganan gue Mienya tebel. Bentuknya mirip-mirip mie soba gitu tapi beda dari segi warnanya saja.

    1. Kalo menurutku sih, gan, semua mie itu sehat. Haha, soalnya suka mie banget. Jadi iri nih, sama mie pangsit langganannya yang tebel, pasti enak. By the way, makasih untuk kunjungan baliknya, gan.

Let's Discuss!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s